Jaga Kesehatan Ginjal Anda Dengan Melakukan Hal Baik Ini

11.42.00 indra bayu 0 Comments

Jaga Kesehatan Ginjal Anda
Organ Ginjal merupakan satu dari beberapa organ vital yang ada di dalam tubuh manusia yang mempunyai peran dan fungsi yaitu sebagai sistem eksresi pada manusia .
Di samping itu, organ ginjal juga berperan penting dalam menyaring zat-zat racun yang ada di dalam tubuh kita, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara-cara untuk menjaga kesehatan ginjal dengan tepat .

Di dalam tubuh kita terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di daerah dekat pinggang. Adapun ukuran satu organ ginjal manusia sekitar 10 cm dan kurang lebih beratnya 200 gram .

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang baik yang harus kita ketahui :

1. Menjaga pola makan 
         Menjaga pola makan merupakan Cara yang terbilang ampuh yang bisa kita coba, agar kesehatan ginjal tetap terjaga . Pilihlah makanan yang baik untuk kesehatan tubuh kita,
seperti mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran yang ditanam dengan tanpa pupuk kimia (organik).
Mulailah untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang serba instant, makanan yang terlalu banyak menggunakan garam. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin (banyak garamnya) dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah dan pada akhirnya hal ini dapat memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsi bagian ginjal.
Oleh karena itu, agar organ ginjal tetap sehat cobalah dari sekarang untuk mulai mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh .
Jaga Kesehatan Ginjal Anda Dengan mengonsumsi makanan yang sehat
Mengonsumsi makanan yang sehat merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga di imbangi dengan  kegiatan olahraga yang teratur

2. Penuhi kebutuhan Cairan yang cukup
         Minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal kita looh . Ini karena air putih dapat membantu membilas zat-zat racun yang terdapat di dalam ginjal. Jika asupan cairan dalam tubuh sudah tercukupi, maka aliran ke ginjal juga akan baik.
Namun demikian, walaupun air putih sangat bagus untuk menjaga kesehatan terutama untuk kesehatan ginjal kita, menurut James Simon, MD, selaku ahli saraf dari Cleveland Clinic, mewanti-wanti supaya jangan sampai melebihi batasnya yaitu 8 gelas sehari. Cukup minum 8 gelas air putih setiap harinya supaya fungsi ginjal tetap optimal.

3. Berolahraha secara rutin
Olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal
       Disamping membuat tubuh menjadi semakin bugar. Ternyata dengan rutin berolahraga juga dapat menjaga kesehatan ginjal kita, minimal dilakukan dalam waktu 20 menit sehari. Kebiasaan ini bermanfaat untuk menjaga berat badan anda agar tetap ideal sekaligus mengendalikan tekanan darah dan membuat ginjal kita akan tetap sehat, bekerja secara optimal dan terhindar dari resiko penyakit ginjal .

4. Melakukan kontrol tekanan darah
kontrol tekanan darah
        Salah satu penyebab lain nya seseorang bisa terkena penyakit ginjal adalah tekanan darah yang tinggi. Sebuah penelitian mengatakan, bahwa 35 % penyakit ginjal di sebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Ketika kekuatan aliran darah tinggi, pembuluh darah meregang sehingga darah mengalir lebih mudah. Namun, peregangan ini meninggalkan ada bekas luka dan bisa melemahkan pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk pada ginjal.

Untuk mencegah tekanan dan agar organ ginjal tetap sehat, mulailah mengonsumsi makanan yang tinggi akan kalium nya yang dapat membantu menjaga agar tekanan darah anda tetap stabil. Nah, kalium ini bisa anda temukan dalam buah alpukat, kentang, pisang, susu dan ikan.


5. Menghindari kebiasaan minum obat dan juga suplemen
          Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan memelihara  kesehatan ginjal agar tetap sehat, dan berfungsi dengan baik. Mulai dari pola makan kita, maupun kegiatan aktifitas olahraga kita, termasuk jumlah obat dan suplemen yang kita konsumsi.
Dilihat dari manfaat nya, obat memiliki keampuhan di dalam menyembuhkan beberapa penyakit secara cepat. Tapi tahukah anda, anda beberapa jenis obat yang tidak di anjurkan untuk tidak dikonsumsi yaitu obat antibiotik dan juga obat antinyeri, karena kedua obat ini berisiko dapat merusak organ ginjal.
Sebelum mengonsumsi obat atau suplemen tertentu, sebaiknya hal ini anda konsultasikan ke dokter yang memang benar-benar mengerti di dalam memilih obat untuk di konsumsi .

6. Menjaga berat badan 
          Cara menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Selain mempengaruhi keadaan emosional kita, berat badan yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras, termasuk organ ginjal yang lama kelamaan akan melemah kinerjanya.
Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan menjaga berat badan ideal. Menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan mengklik LINK INI

                                             

      Cara Menghitung Berat Badan Ideal (Kalkulator BMI)

            







0 komentar: