Manfaat dan Kebaikan dari Vitamin C Untuk Kesehatan & Kecantikan

11.57.00 indra bayu 0 Comments

Vitamin C untuk kesehatan

Jenis vitamin yang satu ini merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam air. yaa....
Vitamin ini adalah Vitamin C. Vitamin C ini dapat di temukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang ada di sekitar kita, seperti jeruk, kiwi, stroberi, cabai brokoli dan lain-lain . 

Vitamin C merupakan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh serta memelihara keindahan kulit. Mungkin kita pernah mendengar, Sebagian dari wanita masa kini yang melakukan suntik vitamin c untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya. Benarkah vitamin c memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga dan merawat kulit secara keseluruhan ?

Yuk kita lihat penjelasan lebih lengkap nya di bawah ini ^

MANFAAT DARI VITAMIN C YANG BAIK UNTUK TUBUH 

1. Menjaga kulit tetap sehat dan bersinar
             Tanpa konsumsi atau asupan vitamin C yang cukup pada tubuh, jangan harap kulit anda bisa sehat dan bersinar. Kulit akan terlihat tampak lebih tua, tidak segar, kusam dan terlihat tampak lelah. Gejala-gejala tersebut bisa membuat kulit kehilangan elastisitasnya, dan kulit cenderung lebih mudah kering dan lebih mudah berjerawat serta flek.


2. Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen
             Vitamin C mengandung zat antioksidan yang berperan besar dalam pembentukan kolagen.    
Kolagen merupakan fondasi utama dari tulang, kulit, urat dan ligamen untuk memberikannya struktur dan kekuatan untuk tubuh. 
Kolagen ini terbentuk dari sel khusus yang menghasilkan molekul mini disebut pro kolagen dengan mengolah vitamin c dan protein yang telah diserap oleh tubuh. Masing-masing molekul ini saling menempel dengan satu sama lain dan membentuk fibril. Fibril adalah helai-helai tipis yang terbuat dari mineral dan vitamin yang menyerupai seperti serabut benang. Fibril ini kemudian bertumbuh kembang dan berubah menjadi serat yang menempel pada sel kulit, yang kemudian fibril bekerja mendukung struktur kulit dan memberikan sifat elastisitas nya.

3. Vitamin C untuk antioksidan 
          Manfaat lain dari vitamin c adalah sebagai antioksidan untuk tubuh. Antioksidan bekerja di dalam tubuh melawan radikal bebas, dengan cara memberikan elektron pada molekul radikal bebas sehingga menetralisasi sifat buruk dari radikal bebas tersebut. Radikal bebas ini merupakan komponen yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang bisa sewaktu-waktu menyerang system kekebalan tubuh kita, yang bisa datang dari elemen makanan, udara yang ada di sekitar kita.
Maka perlu sekali membentengi tubuh kita agar tidak jatuh sakit dengan cara 
mengkonsumsi vitamin c.
Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan
4. Mengobati stroke
                  Manfaat selanjut nya dari Vitamin C adalah untuk membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke datang sewaktu-waktu. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang banyak mengandung 
vitamin C. Diantara nya yaitu kubis, brokoli, labu kuning, jeruk, pepaya, stroberi dan lain-lain nya.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
             Imunitas adalah manfaat penting lain nya dari vitamin ini. Vitamin C dikenal luas karena kontribusinya terhadap sistem kekebalan tubuh dan rangsangan pembuluh darah putih di dalam tubuh.

6. Dapat menyembuhkan luka
              Manfaat Vitamin C lain nya adalah dapat menyembuhkan luka. Ini mempercepat pertumbuhan jaringan ikat, yang mempercepat proses penyembuhan luka, 

7. Menyembuhkan diabetes
              Salah satu manfaat lain nya dari vitamin c adalah sebagai obat untuk diabetes, karena vitamin ini membantu dalam pengolahan insulin dan glukosa.

8. Mencegah penyakit jantung
              Jumlah asam askorbat yang cukup sangat penting untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang dapat menyebabkan radikal bebas yang ini bisa menjadi penyebab utama penyakit jantung yang disebut atherosclerosis. Vitamin C bertindak sebagai agen pencegahan terhadap penyakit jantung serta berbagai masalah jantung lain nya. 

9. Menyembuhkan penyakit asma
                  Sistem kekebalan tubuh sangat bergantung pada asupan Vitamin C nya. 
Banyak juga yang mengatakan bahwa ketika semakin berbahaya radikal bebas nya, maka kebutuhan akan asupan vitamin c nya pun harus semakin tinggi. Serangan asma terjadi ketika paru-paru atau saluran pernafasan mendeteksi masuk nya allergen (benda-benda pemicu alergi) saat itulah vitamin c berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab alergi.   
                   
10. Meningkatkan mood
              Fungsi vitamin c adalah memainkan peran kunci dalam produksi neurotransmiter seperti norepinefrin. Mereka mempengaruhi suasana hati seseorang dan sangat penting untuk berfungsinya otak.
manfaat dan kebaikan vitamin c

11. Mencegah penyakit dan melawan sel kanker
                Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang fungsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Vitamin C sendiri akan menjadi tameng bagi tubuh untuk melawan penyakit dan sel kanker karena fungsinya yang membantu penyerapan zat besi, oleh karena itu penyakit seperti batuk dan pilek dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin c di dalam tubuh.

12. Memperbaiki jaringan sel kulit 
                  Untuk menjaga kesehatan kulit, zat antioksidan sangatlah dibutuhkan. Radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta toxin yang terdapat dalam makanan merupakan musuh utama kesehatan kulit. Vitamin C berfungsi sebagai zat yang menangkal radikal bebas tersebut.

0 komentar: