Manfaat Sinar Matahari Yang Baik Untuk Tubuh

14.10.00 indra bayu 0 Comments


Manfaat Sinar Matahari Yang Baik Untuk Tubuh -
Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan ketika bangun di pagi hari, di samping bermanfaat untuk kelancaran rezeki kita, bangun di pagi hari ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kita.
Dari berbagai macam penelitian dan juga berdasarkan pengalaman seseorang, bangun di pagi hari dan berjemur di bawah sinar matahari langsung, dapat membantu dalam pertumbuhan tulang seseorang dan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh nya.
Memang kelihatan nya sepele, namun jika anda melakukan ini secara rutin, anda akan merasakan manfaat dan khasiatnya di dalam tubuh anda. 

Ok, kita lanjut aja ia,.
Apa saja sih manfaat nya, ? Berikut ini uraian nya :

1. Sebagai sumber vitamin D
Manfaat sinar matahari yang pertama adalah tubuh kita bisa mendapatkan vitamin D secara langsung. Kenapa ? Karena sinar matahari adalah sebagai pemicu terbentuknya vitamin D. Kita sangat membutuhkan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dari makanan dan minuman yang telah kita konsumsi. Dua mineral tersebut memegang peranan penting untuk kesehatan tulang, gigi dan juga otot.

Jika tubuh kekurangan vitamin D, kekuatan tulang semakin lama akan semakin lemah sehingga dapat menyebabkan deformitas tulang. Anak-anak yang kekurangan vitamin D bisa terserang rakhitis (tulang menjadi lunak dan tidak kuat sehingga berbentuk tidak normal), sedangkan orang dewasa bisa terkena serangan osteomalacia (tulang menjadi nyeri dan lunak). 

2. Mencegah sakit kanker
Disamping memberikan manfaat yang kaya akan vitamin D nya, pancaran dari sinar matahari juga bisa mencegah timbul nya penyakit kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari di pagi hari mampu membantu tubuh untuk membentuk vitamin D yang salah satu fungsinya adalah sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Antioksidan inilah yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah terkena serangan penyakit, salah satu nya adalah mencegah dari serangan penyakit kanker.

3. Menurunkan kolestrol dalam darah
Manfaat sinar matahari selanjutnya adalah dapat meredam atau menurunkan kolestrol dalam darah. Setelah tubuh terkena sinar matahari dalam beberapa menit, kolestrol yang berada di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolestrol yang ada di dalam darah untuk keluar menuju kulit. Dari proses inilah kadar kolestrol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.

Alangkah baik nya di imbangi juga dengan mengkonsumsi makan-makanan dan buah-buahan yang segar dan bergizi yang dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh, yang baik untuk kesehatan. 



0 komentar: