Tanaman Obat Dengan Khasiat Yang Baik Untuk Kesehatan

13.11.00 indra bayu 0 Comments


Tahukah anda bahwa di sisi lain, tanaman menyimpan banyak sekali keajaiban - keajaiban yang mungkin sebagian dari kita belum mengetahui nya. Selain untuk menghiasi pekarangan rumah, kebutuhan memasak, dan kebutuhan lain nya ternyata sudah banyak juga yang memanfaatkan dari tanaman ini untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Kq bisa ya,,


Lalu Tanaman Apa Saja Yang Dapat Digunakan Sebagai Obat Untuk Menjaga / Memelihara Kesehatan Tubuh, ?


Berikut ini, beberapa jenis tanaman obat / herbal yang bisa kita gunakan untuk kesehatan tubuh kita :

1. Temu Lawak 

Bagi masyarakat indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Yaa..  Nama nya adalah Temulawak. Tanaman yang satu ini memang sudah banyak digunakan oleh masyarakat sejak dulu sebagai pilihan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya.

Tenaman ini sangat mudah untuk di cari dan banyak juga yang menjual nya secara bebas di pasar, sehingga tanaman ini sangat cocok sebagai pilihan untuk menjaga / memelihara kesehatan tubuh kita ,tanpa harus repot dan kuatir jika di pasar tidak ada.

Jika anda ingin menanam temulawak di halaman anda, maka itu tidak ada salah nya, karena tanaman ini dipercaya dapat menyembuhkan seperti sakit masuk angin, memperlancar saluran pencernaan, mengatasi kanker dan penyakit lain nya.

2. Daun Sirih

Siapa yang tidak kenal dengan jenis daun yang satu ini yang ternyata memiliki berbagai macam kandungan baik yang berkhasiat yang bermanfaat untuk tubuh manusia.
Daun ini bernama daun sirih, tentunya semua orang sudah akrab dengan daun yang satu ini.

Daun sirih adalah tanaman yang merambat yang memiliki panjang berkisaran 5-8 cm, 
dan dengan lebar 2-5 cm serta aroma yang khas yang dapat tercium ketika daun ini di remas atau di bejak sehingga daun ini hancur.
Selain mudah didapatkan, cara penyajian nya pun terbilang cukup mudah, cukup petik beberapa helai daun sirih kemudian cuci bersih lalu rebus dengan air.  

Manfaat dari daun sirih ini di antaranya dapat menurunkan kolestrol dan tekanan darah, menjaga area kewanitaan agar tetap sehat dan bersih, menjaga kesehatan mulut dan gigi. Daun sirih ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka bakar juga looh, Dari Kandungan Antioksidan yang terdapat di dalam nya. 

3. Daun Kelor

Sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengetahui nama daun yang satu ini. yaa..benar, nama nya adalah daun kelor. Kelor atau merunggai (Moringa Oleifera) adalah sejenis tumbuhan yang dari suku Moringaceae.

Daun tanaman yang satu ini memang terlihat beda dengan daun tanaman lain nya, terlihat dari ukuran daun nya. Namun walau terlihat lebih kecil, daun kelor ini ternyata bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, tercatat, ada lebih dari 300 penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun kelor ini, salah satunya dapat menurunkan demam untuk anak.

Caranya pun sangat mudah, yaitu cukup ambil beberapa helai daun kelor, kemudian cuci sampai bersih lalu siapkan air yang sudah di rebus sebelum nya kemudian campur dengan daun kelor, lalu kompres tubuh anak kita dengan rendaman air daun kelor tadi.

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman yang biasa ditambahkan untuk masakan dan minuman untuk membuat rasanya semakin mantap dan memberi sensasi rasa hangat. Banyak dari masysarakat memilih mengkonsumsi jahe untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk menghangatkan tubuh daripada mengkonsumsi obat-obatan kimia, karna jahe sendiri memiliki banyak manfaat dan khasiatnya tanpa menimbulkan efek samping, termasuk salah satu manfaat lain dari jahe ini adalah mampu menyembuhkan gejala-gejala flu

Selain itu, Jahe juga dapat membantu mengatasi gejala mabuk saat berkendara dan dapat mengurangi gejala gangguan pada pencernaan. Hal ini dikarenakan jahe akan menstimulasi pembentukan cairan empedu sehingga sehingga dapat membantu proses pencernaan makanan.


0 komentar: