Manfaat Dari Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

11.57.00 indra bayu 0 Comments


Mendengar kata ' Daun sirih ' mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita yaa. Daun yang satu ini memang sudah terkenal dengan kegunaan / khasiatnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tapi tahukah anda, di balik kedahsyatan dan khasiat dari daun sisih ini, ternyata daun sirih ini memiliki banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam nya, yang bermanfaat untuk tubuh kita. 

                   APA SAJA SIH KANDUNGAN YANG ADA PADA DAUN SIRIH, ? 

# Daun sirih tergolong merupakan tanaman yang banyak mengandung air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga tergolong tanaman yang rendah kalori dan juga rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu, daun sirih memiliki beberapa kandungan lain nya, Yaitu :
   - Protein        :  3 Persen per 100 gram
   - Lodin          :  3,4 mcg per 100 gram
   - Sodium       :  1,1-4,6% per 100 gram
   - Vitamin A   :  1,9-2,9 mg per 100 gram
   - Vitamin B1 :  13-70 mcg per 100 gram
   - Vitamin B2 :  1,9-30 mcg per 100 gram
   - Asam Nikotinat  :  0,63-0,89 mg per 100 gram

                  MANFAAT DAUN SIRIH HIJAU DAN MERAH BAGI KESEHATAN TUBUH
Berikut ini manfaat dari daun sirih, diantaranya :

1. Menurunkan kolestrol dan tekanan darah
Salah satu manfaat dari daun sirih ini adalah dapat menurunkan kadar tigliserida dan kolestrol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Kolestrol dan tigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner dan gagal ginjal. Maka disitulah, daun sirih merah dan daun sirih hijau bekerja meningkatkan kolestrol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

Untuk membantu dengan tekanan darah tinggi, kita bisa mencoba merebus 3 - 4 lembar daun sirih merah dan minumlah air rebusan daun sirih tersebut untuk 2 kali sehari. 


2. Penangkal Kanker
Antioksidan eugenol yang terkandung dalam air rebusan daun sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

3. Menurunkan Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2
Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidak seimbangan hormon insulin dan daun sirih ini tidak memiliki efek samping yang tidak perlu dikawatirkan.

Bukan berarti daun sirih ini adalah satu-satu nya obat yang dapat menurunkan gula darah, daun sirih ini hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya. yang tentunya harus dibarengi dengan mengubah pola makan dan olahraga secara teratur.

4. Sebagai Obat Batuk

Air rebusan daun sirih merah dipercaya dapat meringankan batuk. Koq bisa ya.. Karena, daun sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.

Anda pun bisa membuatnya di rumah dengan mudah, Cara nya :
    1. Siapkan daun sirih sebanyak 5 lembar yang sudah di cuci bersih
    2. Rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit
    3. Minum air rebusan tersebut 1 kali dalam sehari


5. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar
          
Manfaat dari daun sirih lain nya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan dengan kandungan antioksidan nya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya, sehingga hal ini dapat menyebabkan penghambatan penyembuhan luka. 

daun sirih ini merupakan antiseptik yang luar biasa, yang mampu memberi perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

Silakan mencoba

0 komentar: