bahan herbal

Bahan herbal untuk obat dan jamu

10.06.00 indra bayu 0 Comments

bahan herbal untuk obat dan jamu


Bahan herbal untuk obat dan jamu di indonesia sangat banyak sekali di karenakan indonesia mempunyai hutan dan lahan yang luas. Dan berbagai macam tumbuh tumbuhan.

Kita akan tahu definisi dari herbal
Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.
Dikarenakan alternatif maka masyarakat indonesia masih memandang sebelah mata untuk cara pengobatannya dan masih sedikit yang menggunakan bahan herbal ini untuk pengobatan.

Obat herbal

Obat herbal adalah obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis). Obat Herbal yang berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, bawang putih, kurma, jintan hitam (Habbatussauda), dsb. Yang berasal dari hewan (hewani) diantaranya Teripang (Gamat), Madu, Propolis, minyak ikan hiu, dsb.
Pada jaman sekarang ini, dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat dan banyaknya riset penelitian berkaitan dengan obat-obatan, maka semakin membuka mata kita bahwa ternyata alam secara alaminya telah menyediakan obat yang manjur untuk segala penyakit. Obat-obatan itu tidaklah sulit dicari dan beda dengan obat dari bahan kima sintetis, yang lambat laun akan menimbulkan efek samping pada tubuh kita.
Kembali lagi kita ke bahan herbal untuk obat dan jamu apa saja yang bisa kita ketahui atau yang di gunakan perusahaan perusahaan jamu di indonesia.
Yang paling sering kita dengar adalah obat herbal untuk pemutih.multivitamin.daya tahan tubuh istilahnya menjaga kesehatan.pengobatan luka penyembuhan penyakit dalam dsb.
dan bahan herbal apa saja yang banyak di gunakan oleh produsen perusahaan obat dan jamu mungkin banyak sekali yang sudah di gunakan oleh mereka bahan bahan herbal tersebut. Cuma mungkin dikarenakan harganya yang murah jadi tetap saja masyarakat masih enggan untuk menggunakan obat herbal dan lebih memilih obat paten. Persepsi obat herbal dan obat murah atau obat generic menyebabkan sang penderita sakit atau dokter menyarankan obat obat mahal agar cepat sembuh.
Sebenarnya pengobatan herbal adalah pengobatan yang alami istilahnya pengobatan dari ramuan ramuan tradisional yang sangat bagus dan tidak berbahaya bagi tubuh karena bisa menghindari unsur unsur kimia yang masuk ke dalam tubuh. Dan juga menyelamatkan ginjal kita.
Untuk menggunakan bahan herbal untuk obat dan jamu di rumah
Ada beberapa teknik mengolah herbal atau tanaman obat, yaitu dengan cara merebus, menyeduh, membuatnya sebagai serbuk, atau ekstrak tanaman obat yang sudah dikapsulkan.
Sadar atau tidak, seberapa besar pengaruh obat herbal bagi tubuh kita terutama untuk tujuan pengobatan, ternyata juga dipengaruhi oleh bentuk sajian obat herbal yang kita konsumsi.
Mari kita simak satu-per satu aneka teknik pengolahan obat herbal dan melihat bagaimana hal itu berpengaruh besar dalam proses pengobatan herbal yang sedang kita jalani.

Merebus atau Menggodok, Cara Tradisional Mengolah herbal

Karena alasan kepraktisan, beberapa orang lebih menyukai mengolah herbal dengan cara merebus atau menggodoknya berdasarkan resep para herbalis dan mungkin sedikit modifikasi dengan tambahan bahan lain untuk menambah cita rasa, tentunya dengan persetujuan herbalis.
Namun, perlu diketahui bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika merebus atau menggodok obat herbal. Dalam buku Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah & Cara Racik, terbitan Trubus, disebutkan bahwa ketika merebus bahan herbal, pemakaian wadah penting untuk diperhatikan.
Wadah dari besi dan alumunium tidak disarankan karena racun yang dikeluarkan bahan tersebut bisa mencemari ramuan herbal yang sedang dibuat sehingga dapat mengurangi khasiatnya dan bahkan bisa meracuni Anda. 
Maka, penting untuk mengetahui alat atau wadah yang cocok untuk merebus atau menggodok herbal. Alat untuk merebus herbal yang dianjurkan adalah yang anti-karat, tanah liat, kaca, atau email.

 Mengolah Herbal dengan Menyeduh

Cara mengolah herbal praktis lainnya yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah dengan cara menyeduh, yakni herbal dicampur dengan air panas tanpa proses pemasakan.
Ini biasanya digunakan untuk konsumsi herbal asal bunga, contohnya rosella dan daun segar. Seduhan juga biasa dilakukan pada herbal berbentuk serbuk. Serbuk bisa dibuat dari murni tanaman tunggal atau campuran dari beberapa jenis herbal.

Ekstraksi Obat Herbal, Cara Modern Mengolah Herbal

Ekstraksi adalah proses mengisolasi senyawa aktif dari tanaman obat dengan menggunakan pelarut seperti etanol. Dalam proses ekstraksi, dibutuhkan banyak bahan baku untuk mendapatkan senyawa aktif yang cukup dari proses tersebut.
Misalnya, dari satu kilogram bahan tanaman obat hanya dapat diperoleh sekitar satu miligram senyawa aktif yang dapat dimanfaatkan dengan optimal sebagai obat.
Tak heran, produk obat herbal yang sudah diekstraksi biasanya terlihat mencolok di pasaran karena harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan bentuk sajian herbal lainnya.
Meskipun begitu, Anda tidak akan dikecewakan oleh manfaat yang dihasilkannya karena tanaman obat (herbal) yang sudah diekstraksi pengaruhnya jauh lebih kuat dan lebih aman untuk ginjal karena sudah berupa senyawa aktif sehingga tidak dibutuhkan waktu yang lama bagi tubuh untuk mencerna dan merasakan khasiatnya.

0 komentar: