Manfaat Daun kelor atau daun setan

08.49.00 indra bayu 0 Comments

manfaat daun kelor atau daun setan

Mencoba khasiat manfaat dari  Daun anti Setan !!!
Ternyata dunia itu tak selebar daun kelor ya….? Itulah peribahasa atau percakapan dari seseorang yang sering biasa kita dengar untuk menyatakan dan menggambarkan luasnya dunia. Ya daun kelor namanya. Untuk itu mari kita berkenalan lebih dekat dengan daun yang memiliki banyak manfaat dan mitos ini.
Kelor yang memiliki nama latin (Moringa oleifera) merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian pohon sekitar 710 meter dpl. Daun kelor memiliki bentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.
Kelor mempunyai banyak manfaat  dan khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tercatat, kurang lebih sekitar 300 penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun anti setan ini, baik dari daun, biji ataupun buahnya. Tak heran, kelor menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari yang sering digunakan sebagai sayuran dan bahan baku obat-obatan herbal.
Berbagai manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan kelor ini, beberapa di antaranya telah terbukti melalui studi ilmiah yaitu:
1.         Penyakit Jantung
Sebuah studi pada hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah bermanfaat mencakup manusia.
2.        Anti Kanker
Manfaat anti kanker pada ekstrak daun kelor ini, telah ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal “Food and Chemical Toxicology.” Ekstrak kelor mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.
3.        Anti Diabetes
Sifat anti diabetes dari daun kelor berasal dari tingginya seng yaitu mineral yang diperlukan untuk produksi insulin, menurut University of Wiconsin LaCrosse. Para peneliti menyimpulkan bahwa penyembuh menunjukkan kerja yang akurat tentang penyebab diabetes dan pendekatan dasar yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Dalam studi hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” setiap 150 miligram per kilogram berat badan dari selama 21 hari, dapat diberikan manfaat anti diabetes yang signifikan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan bayi dan balita mengonsumsi daun kelor untuk masa pertumbuhan mereka. Selain itu, WHO juga menobatkan kelor sebagai pohon ajaib setelah melakukan studi dan menemukan bahwa kelor berjasa sebagai penambah kesehatan murah selama 40 tahun di negara-negara termiskin di dunia. 
National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 pun mengatakan, bahwa pohon kelor telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Disamping mempunyai banyak manfaat, menurut mitosnya daun kelor juga di anggap sebagai daun sakti yang ampuh untuk mengusir gangguan ruh jahat, setan maupun makhluk halus sehingga daun ini mendapat julukan daun anti setan. Dalam kehidupan seharai-hari tradisi di jawa ketika ada orang meninggal daun ini digunakan untuk memandikan para jenazah karena menurutnya hal ini dipercaya agar jenazah tidak dirasuki atau di ganggu oleh makhluk halus. Sehingga beberapa kalangan orang sebagian takut pada daun kelor dan enggan untuk mengkonsumsinya. Terlepas dari mitos itu semua setidaknya melihat manfaatnya untuk penyembuhan penyakit membuat daun kelor memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk diperdagangkan. Hingga kini sudah ada beberapa perusahaan yang mengkomersilkan daun kelor menjadi obat herbal yaitu kapsul kelor. Mengingat potensi manfaat daun anti setan itu taka da salahnya kita perlu mencoba untuk mengkonsumsi daun kelor ini bisa disajikan dengan menjadi ataupun sayuran, dengan mengkesampingkan mitos-mitosnya. :D

0 komentar: