cara melawan virus dalam tubuh

18.35.00 indra bayu 0 Comments

cara melawan virus dalam tubuh
Virus, dalam bahasa Latin berarti toksin atau racun, adalah organisme mikroskopis yang terdiri dari bahan genetik (RNA atau DNA) yang dikelilingi oleh protein, lipid (lemak) atau glikoprotein mantel.
Tidak semua virus berbahaya bagi tubuh manusia. Seperti yang kita ketahui, manusia juga membawa virus ‘ramah’ yang membantu melindungi kita dari bakteri berbahaya, termasuk E. coli. Virus ‘ramah’ juga terdapat di dalam usus untuk membantu kita mencerna makanan.
Jika ada virus baik, tentunya ada juga virus jahat. Lalu, bagaimana cara tubuh melawan virus jahat yang dapat mengancam kondisi kesehatan manusia? Berikut penjelasannya
Melawan virus
Ketika sistem kekebalan tubuh mendeteksi infeksi virus, sistem imun akan mulai merespon dengan cara yang umum. Sebuah proses pun dimulai yang disebut interferensi RNA, yang sangat penting untuk melawan virus karena dapat menurunkan materi genetik virus dan memungkinkan sel untuk bertahan dari infeksi. Sistem kekebalan tubuh juga menghasilkan antibodi tertentu yang mampu mengikat virus dan membuatnya menjadi non-infeksi. Selain itu, sel-sel T tubuh juga akan dikirim untuk menghancurkan virus.
Meskipun sebagian besar infeksi virus dapat dicegah di dalam respon pelindung dari sistem kekebalan tubuh, virus seperti HIV mengkhususkan diri dalam menghindari sistem imun dengan menggunakan sejumlah teknik yang berbeda. Virus neurotropik juga sangat mampu menghindari respon infeksi alami sistem kekebalan tubuh kita.
Mencegah dan mengobati virus
Sementara infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik, infeksi virus memerlukan vaksinasi untuk mencegah virus atau obat antivirus untuk mengobatinya.
Vaksinasi secara umum adalah cara yang paling murah dan paling menghasilkan untuk mencegah virus. Saat ini, vaksinasi ada untuk polio, campak, gondok, rubella dan cacar. Faktanya, vaksinasi telah berperan dalam menghilangkan penyakit seperti cacar dan mengurangi penyakit virus lainnya dengan status yang sangat langka.
Vaksinasi virus terdiri dari bentuk lemah dari virus (virus hidup yang dilemahkan) atau protein virus yang disebut antigen. Vaksin virus hidup yang dilemahkan biasanya membawa risiko menyebabkan penyakit bawaan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

0 komentar: