Manfaat Buah Asam Jawa untuk Diet dan Kulit

08.33.00 indra bayu 0 Comments


Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat buah asam, terutama untuk asam Jawa. Asam Jawa merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Asam Jawa bermanfaat untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.
Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan bahan utama asam Jawa. Hal ini membuktikan bahwa asam Jawa memang memiliki khasiat luar biasa dalam mengobati beberapa macam penyakit. Asam Jawa sendiri termasuk salah satu tanaman herbal berkat kemampuannya dalam mengobati penyakit. Selain buahnya, daun asam juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal.

Manfaat Buah Asam Jawa untuk Diet dan Kulit

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, manfaat buah asam Jawa cukup banyak. Antara lain yaitu:
– Mengobati eksim
Salah satu manfaat dari buah asam Jawa yaitu dapat mengobati eksim (penyakit kulit). Untuk mengobati penyakit eksim, Anda dapat merebus asam Jawa yang dicampurkan dengan temulawak dan juga gula aren. Rebus sampai airnya menyurut, minum air rebusan tersebut secara rutin.
– Mengobati disentri
Disentri merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Disentri sendiri dapat ditandai dengan gejala perut mulas dan buang air besar yang disertai dengan darah dan juga lendir. Untuk mengobati penyakit ini, Anda dapat merebus asam Jawa yang dicampur dengan kunyit dan juga temulawak.
– Menurunkan berat badan
Asam terkenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sejak jaman dahulu, asam banyak dimanfaatkan untuk memaksimalkan program diet. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat meminum air seduhan asam Jawa.
Atau Anda juga dapat menambahkan kunyit, tentunya haluskan terlebih dahulu kunyit tersebut. Atau Anda dapat merebus kunyit yang telah dihaluskan dan asam Jawa menggunakan air secukupnya. Minum air rebusan kunyit asam tersebut secara rutin untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Manfaat buah asam Jawa untuk diet ini sudah banyak dibuktikan.
– Mengobati sariawan
Sariawan juga dapat diobati dengan menggunakan buah asam, caranya tidak terlalu rumit. Sariawan sendiri merupakan salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Walau tidak termasuk sebagai penyakit yang berbahaya, sariawan dapat memberikan rasa sakit yang luar biasa pada penderitanya. Untuk mengobati sariawan, Anda dapat memanfaatkan buah asam Jawa.
Caranya yaitu rebus buah dan daun asam Jawa secukupnya, setelah itu tambahkan beberapa irisan kunyit. Rebus hingga mendidih lalu tambahkan sedikit gula aren, minum ramuan tersebut secara rutin sampai sariawan Anda sembuh.
– Mengatasi darah rendah
Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan buah asam. Tekanan darah rendah atau dikenal juga sebagai hipotensi tidak sama dengan anemia atau kurang darah. Tekanan darah rendah merupakan kebalikan dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk mengatasi darah rendah, Anda dapat merebus asam Jawa, daun bayam, gula aren, bawang merah dan cabai rawit. Tambahkan juga garam secukupnya, rebus hingga mendidih lalu minum airnya secara rutin.
– Mencerahkan kulit
Tanaman asam jawa atau yang memiliki nama latin tamarindus indica ini termasuk ke dalam tumbuhan yang berbuah polong. Buah polong dari asam jawa mengandung berbagai kadar senyawa seperti asam suksinat, asam tartrat, asam sitrat, asam apel, asam anggur, ectin dan gula invert. Selain itu, setiap 100 gram buah polong asam jawa, Anda akan mendapatkan banyak asupan gizi, antara lain: protein sebanyak 2,8 gram, kalori sebesar 239 kal,lemak sebesar 0,6 gram, kalsium 74 miligram, hidrat arang sebanyak 62,5 miligram, mumpung memiliki banyak waktu. Kulit biji dari cukup buah polong asam jawa memiliki kandungan phlobatannin dan albuminoid serta pati di dalam bijinya.
Asam jawa biasanya dikenal sebagai salah satu bumbu dapur atau minuman tradisional. Daging buahnya biasa untuk mengasamkan rasa makanan, manisan, agar-agar, dan dijadikan minuman hangat yang menyegarkan. Asam jawa juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai barang-barang yang terbuat dari logam yang berubah warna menjadi kehitaman. Kandungan-kandungan asam jawa lainnya seperti potassium, magnesium, beta karotin, vitamin c, dan antidioksidan, dapat merawat kecantikan kulit Anda.
Ada banyak manfaat asam jawa bagi kecantikan, terutama perawatan kulit tubuh manusia. Asam jawa dapat diolah menjadi lulur untuk mencerahkan kulit Anda. Daging buah asam jawa terlebih dahulu dilarutkan ke dalam air hangat dan berikanlah sedikit bubuk kunyit. Air larutan tersebut dapat Anda jadikan lulur. Gosok-gosok lah secara perlahan lulur asam jawa tersebut pada permukaan kulit Anda, kemudian diamkan beberapa saat hingga lulur meresap ke dalam pori-pori kulit. Bilas sampai bersih dan kulit anda akan tampak beberapa tingkat lebih cerah, bersih, dan berseri.

Selain mencerahkan kulit, asam jawa juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dengan kandungan AHA atau Alpha Hydroxy Acids yang terkandung di dalam daging buah asam jawa. Campurkan sedikit yogurt dan garam dengan daging buah asam jawa, jadikan campuran tersebut sebagai masker di kulit dengan sambil dipijat pelan agar sel-sel kulit mati mudah untuk terangkat. Diamkan sejenak sebelum dibilas bersih. Itulah salah satu manfaat asam jawa untuk wajah
Selain bagus untuk kesehatan, asam juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Manfaat buah asam untuk kulit cukup banyak, salah satunya yaitu dapat mencerahkan kulit. Bagi Anda yang mendambakan kulit cerah dan lembab, Anda dapat memanfaatkan buah asam. Caranya yaitu lumatkan buah asam menggunakan air hangat, campur dengan kunyit yang telah dihaluskan. Campur sampai merata dan membentuk adonan layaknya lulur, gunakan campuran tersebut sebagai lulur.
Selain itu, masih banyak lagi manfaat-manfaat dari penggunaan asam Jawa. Baik penggunaan dengan cara mengkonsumsi ataupun penggunaan dari luar, asam Jawa memiliki banyak manfaat. Setelah mengetahui manfaat buah asam Jawa tersebut, jangan ragu lagi untuk menggunakan buah asam Jawa.

0 komentar: