Info Kesehatan Untuk Lansia

11.48.00 indra bayu 0 Comments

Apakah Masa Tua Anda Terbuang Percuma


Info Kesehatan Untuk Lansia
Orang lanjut usia memiliki resiko gizi buruk bahkan jika mereka tidak terlihat kurus, berdasarkan temuan Elaine Young.
Saat makan malam ini, catatlah apa yang dikonsumsi atau tidak dikonsumsi oleh anggota keluarga Anda yang lanjut usia. Gizi buruk pada lanjut usia adalah masalah yang terus berkembang, khususnya sebagai populasi yang meningkat.

Gizi buruk pada lanjut usia adalah kondisi yang kompleks. Kita harus melihat berbagai pengukuran, tinggi-berat badan, lemak kulit, kadar kalsium, struktur tulang, kadar protein, kadar hemoglobin dan dari situlah kita dapat melihat gambaran umum secara klinis.
Dan berada dalam sisi yang berat, bukan berarti mereka baik-baik saja- menurut ahli beberapa orang cenderung kelebihan berat badan dan kebanyakan mengkonsumsi makanan sehat tanpa kalori.

Bagaimanapun juga, Salah satu indikator paling kritis, adalah kehilangan berat badan- lebih dari 4kg per bulan. Anda dapat melihatnya apabila Anda tidak terlalu sering bertemu dengan mereka. Bila Anda tinggal dengan mereka, Anda mungkin tidak memperhatikannya, ungkap Anna Jacob, konsultan nutrisi dan dietisien.

Info Kesehatan Untuk Lansia

Anda juga harus perhatikan bagaimana tanggapan mereka terhadap makanan- bila mengatakan tidak terasa sama- dan selektif dalam makan- baik mereka menghindari daging dan sayuran yang mereka tidak dapat kunyah. Jacob menyarankan untuk menjadi kreatif dalam hal penyajian nutrisi untuk mereka dan ini berarti sayuran berkuah sehingga lebih lembut dan mudah dicerna.

Kemungkinan gizi buruk dapat terjadi, ungkapnya, baik dari pengurangan biaya, yang dapat juga mengakibatkan makan hanya satu makanan sehari, masalah gigi, tidak ingin makan sendiri atau tidak memiliki kecenderungan tidak ingin menyiapkan makanan untuk satu porsi.

Semakin tua usia seseorang, maka semakin besar pula resikonya, kata Dr. Chan yang mengatakan bahwa orang lanjut usia harus diperiksa kadar nutrisinya.
Pada tahun 2001, sebuah studi dilakukan pada Rumah Sakit Tan Tock Seng, 25% dari orang usia 61 tahun dan di atasnya teridentifikasi gizi buruk. Ini bukan hanya permasalahan sector-publik sama sekali.

Info Kesehatan Untuk Lansia

Seperti yang dikatakan Dr. Chan: ‘Bahkan kelompok orang lanjut usia yang datang dan menemui saya di Gleneagles memiliki kadar kalori protein gizi buruk. Para pasien tersebut datang dengan kaki yang membengkak dan asam urat, dan saat Anda memeriksa mereka, Anda akan temukan mereka tidak memakan daging, dan hal ini saya temukan pada lebih dari 40% pasien yang datang.

Alasannya? Mereka berpendapat hal ini dikarenakan mereka sudah menua, sehingga sistem pencernaan mereka tidak begitu baik,- dan mereka tidak memiliki cukup gigi- sehingga mereka tidak dapat mengunyah daging, minum jus , dan membiarkan daging tidak termakan.
Resep Dr. Chan terhadap hal ini: makan putih telur dalam sehari, sedikit hati dan daging yang lebih mudah dicerna.

Screening nutrisi dasar yang dilakukan di Rumah Sakit di sini adalah bagian dari penerimaan, kata Jacob namun ia juga mengakui terdapat banyak screening kesehatan lain, beberapa diantaranya mengacu pada nutrisi.
Akan tetapi, melihat apa yang dapat dimakan oleh orang lanjut usia sangat terbayar, katanya. ‘Tidak sulit untuk melakukannya dan kita harus bisa menyelesaikan permasalahan ini. Bila Anda bisa mendeteksi lebih dini, Anda bisa menjaga mereka tetap sehat lebih lama.’
Oleh : Elaine Young

(Reproduced from Mind Your Body, June 22 issue, with permission)

0 komentar: