25 Manfaat vitamin A untuk tubuh

20.58.00 indra bayu 0 Comments

vitamin a

Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan jaringan mata saja. Tetapi pada kenyataannya vitamin A memiliki segudang kebaikan bagi kesehatan organ tubuh lain pada manusia yang bekerja secara sistematik. Memang benar sebenarnya fungsi vitamin A untuk mata adalah kunci untuk penglihatan yang jernih dan sehat.
Jenis Vitamin A
  • Retinoid – yang berasal dari produk hewani.
  • Beta-karoten yang berasal dari tumbuhan.
1. Dapat membersihkan darah
Kandungan retinol, dan asam rerinoat yang ada pada vitamin A mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh diseluruh tubuh sehingga mencegah timbulnya peradangan pada jerawat dan bisul bisul yang diakibatkan karena darah kotor (darah kotor cenderung disebabkan karena kurang lancarnya darah mengalir secara normal pada seluruh  jaringan organ dalam tubuh)
2. Melindungi kesehatan rongga hidung
Kandungan viratamin A msmpu mengikat dan meningkatakan kondisi tubuh selalu berada pada kondisi terbaiknya , terutama selaput lendir yang ada didalam rongga hidung agar tetap mampu menyaring oksigen yang kemungkinan membawa partikel kecil yang dihasilkan oleh radikal bebas.
3. Melancarkan fungsi repoduksi pria
Vitamin A dapat meningkatkan keberhasilan pembentukan sperma yang baik, sehingga dapat menjaga dan menyusun kadar kekentalan dan kesuburan sperma pada kondisi yang terbaik.
4. Menyehatkan kondisi indung telur pada wanita
Vitamin A dapat menyehatkan kondisi indung telur dan memanrtapokan kesiapan untuk segera dibuahi ketika terjadi pembuahan.
5. Memperkuat plasenta bayi
Vitamin A mampu menjaga keelastisan dan kekenyalan dinding  plasenta sehingga tidak mudah teriritasi dan akan sulit untuk terserang peradangan ketika ada radikal bebas tak sengaja masuk dalam tubuh ibu hamil.
6. Meningkatkan kesehatan janin
Pad ibu hamil jika kebutuhan vitamin A tercukupi selama masa kehamilan maka pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh bayi yang telah terbentuk akan semakin kuat hingga masa persalinan tiba tanpa hambatan.
7. Sebagai anti oksidan aktif dan kuat
Kandungan retinol yang ada pada vitamin A  sangat aktif dalam menghambat partikel beracun yang dibawa oleh radikal bebas dari  dalam tubuh  dan luar tubuh.
8. Menjadi kekebalan tubuh secara nyata
Konsisten dalam mengkonsumsi vitamin A setiap hari dapat mengakibatkan tubuh membentuk senyawa yang mampu melindungi organ tubuh dari serangan virus, jamur, bakteri, kuman, dan pantogen yang terbawa dari radikal bebas lewat makanan, obat obatan, udara dan kondisi cuaca
9. Untuk mata lebih sehat
Kandungan retinol yang tinggi pada vitamin A dapat membuat mata memiliki kemampuan menangkap cahaya dan objek apapun yang diterima oleh rertina menuju saraf otak untuk kemudian di visualisasikan secara akurat dan tepat.
10. Menghambat pergerakan sel kanker
Vitamin A yang dikonsumsi secara teratur setiap hari mampu menghambat dan mencegah munculnya DNA yang tumbuh subur didalam sel kanker yang ada dalam organ tubuh tertentu misalnya paru paru, usus, serviks, payudara, prostat dan hati.
11. Pertumbuhan SEL
Manfaat vitamin A bagi tubuh memang sangat pening, karena memiliki fungsi untuk pertumbuhan sel tubuh. Vitamin a juga memiliki peran dalam pembentukan serta pertumbuhan sel.
selain 11 manfaat di atas, vitamin a juga memiliki manfaat lain yaitu :
Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh :
  1. Vitamin A dapat menyembuhkan penyakit campak dan diare pada anak anak dan balita.
  2. Vitamin A mampu melindungi anak anak dari kekurangan gizi
  3. Vitamin A mampu mencegah bobot tubuh bayi menjadi rendah dan membiru ketika dilahirkan
  4. Vitamin A dapat mencegah ibu terserang penyakit anemia setelah masa persalinan
  5. Vitamin A terdapat pada ASI yang sangat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh bayi
  6. Vitamin A dapat mencegah komplikasi pada ibu setelah masa persalinan
  7. Vitamin A dapat menurunkan tingkat stress dan ketegangan otot tubuh secara psikologis  setelah masa persalinan
  8. Vitamin A amampu memperbaiki jaringan yang luka atau memulihkan kembali kondisi kandungan( rahim ) setelah masa persalinan
  9. Dapat mengembalikan daya tahan tubuh pada ibu yang baru beberapa hari melahirkan.
  10. Vitamin A dapat memelihara pertumbuhan rambut dan kuku agar menjadi kuat dan tidak mudah rapuh
  11. Vitamin A dapat melancarkan buang air kecil dan memperkuat kandung kemih
  12. Vitamin A dapat memperkuat embrio pada janin yang berusia muda dan melindungi organ organnya yang sedang tumbuh.
  13. Kebutuhan Vitamin A yang mencukupi pada ibu hamil mampu mencegah xerosis kornea dan mencegah rabun senja pada bayi ketika dilahirkan
  14. Vitamin A mampu menjaga dan melindungi sel sel kelenjar sehingga kulit terhindar dari kekeringan, bersisi dan mudah luka.
  15. Vitamin A dapat memelihara kelancaaran sistem pencernaan dan melindungi dinding lambung dari peradangan dan luka.
Buah Buahan Yang Mengandung Vitamin A
Inilah cara memanfaatkan vitamin A pada buah buahan untuk dijadikan sebagai masker wajah yang aman dan terbukti menyehatkan

0 komentar: